Please enable JS

berita smpit

Ratusan Santri SMIT Bina Amal Taklukan Gunung Ungaran

05 September 2022 | 13:57/admin

Semarang, 2 September 2022. Guru guru dan para santri SMIT Bina Amal Semarang mengadakan kegiatan Outbound untuk kelas 9 dan 12 selama 1 hari 2 malam di Gunung Ungaran. Kegiatan outbound ini adalah salah satu kegiatan motivasi yang diberikan oleh sekolah untuk meningkatkan ukhuwah antar siswa.

Agenda ini diawali dengan apel pembukaan oleh Kepala SMIT Bina Amal ustadz Eka Mulyanto, S. Pi di lapangan futsal SMIT Bina Amal. Beliau berpesan kepada para santri agar senantiasa berdzikir dalam setiap aktifitas outbound serta berakhlakul karimah dilokasi yang berdekatan dengan tempat tinggal masyarakat.

Kegiatan ini juga mengajarkan para santri untuk senantiasa menjadi seorang ulil albab. Seseorang yang senantiasa bertasbih, bersyukur, dan belajar atas apa yang Allah ciptakan. Baik berupa tumbuhan, hewan, langit, dan lain-lain, imbuhnya.

Para santri kemudian melanjutkan perjalanan menuju perumahan medini menggunakan angkot. Sesampainya di Medini, para santri harus bersiap melanjutkan perjalanan menuju lokasi outbound dengan jalan kaki (longmarch) kurang lebih 2 jam menuju promasan.

Sebelum longmarch, para santri sudah menyiapkan diri dengan berlatih jalan setiap sore minimal 3 kali dalam seminggu. Longmarch ini menjadi pembelajaran untuk para santri agar bisa saling menolong dengan teman sesamanya, saling menjaga, bekerja sama agar bisa sampai ke promasan.

Sesampainya di Promasan, para santri melanjutkan aktifitas ibadah solat jumat dengan khotbah dan imam oleh ustadz Saiful Imam, S. Pdi. Dilanjutkan dengan aktifitas yang telah disusun oleh panitia antara lain : Focus Group Discusiion, materi tentang ukhuwah islamiyyah, makan bersama, hingga sesi muhasabah.

Tak lupa ketika malam tiba, anak anak melanjutkan tilawah dan setoran hafalan oleh ustadz Saiful Imam, S. Pdi dan ustadzah Alisa. Karena anak anak harus menyelesaikan targetan tilawah 2 juz dan menghafal surat yang ditugaskan oleh panitia.

Ketika malam tiba, anak anak istirahat di rumah warga sampai jam 2 malam. Kemudian dibangunkan untuk solat tahajud. Setelah itu ada sesi muhasabah dan renungan yang dipimpin oleh Ustadz Dedy Saputro, S. Or sampai subuh berkumandang dan dilanjutkan dengan dzikir pagi.

Dipagi hari anak anak melanjutkan aktifitas dengan senam yang dipimpin oleh Ustadz Dedy Saputri, S. Or dilanjutkan untuk persiapan outbound kelompok yang dipimpin oleh Ustadz Erni A, S. Pd. Anak anak harus menyelesaikan misi yang telah disusun oleh panitia.

Anak anak juga ikut menyaksikan kedalam Goa Jepang yang ada di atas promasan. Pada akhir acara, kegiatan outbound ini juga ajang untuk memilih ketua angkatan untuk kelas 12. Dengan adanya ketua angkatan ini menjadi ajang untuk komunikator antara anak anak dan guru.

Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar, para santri kembali ke Bina Amal setelah solat asar.

 

Bagikan ke sosial media



Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu.