Please enable JS

berita smpit

SMIT Bina Amal Membangun Karakter Pemuda Indonesia 2022

25 Oktober 2022 | 10:59/admin


Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Bina Amal, melaksanakan kegiatan Youth Leadership Training (YLT) atau Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)  pada hari Senin hingga Rabu 26 -28 Oktober 2022. Kegiatan YLT yang diikuti oleh kelas dua SMP sebagai peserta. Kegiatan YLT ini dilaksanakan pada lokasi yang sudah ditentukan, tepatnya di Barak Militer Bantir, Bantir Losari, Kec. Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Pada periode tertentu manusia diharuskan menjadi seorang pemimpin, entah itu menjadi pemimpin suatu kelompok maupun dirinya sendiri. Tentunya menjadi pemimpin bukan hal yang mudah, karena seorang pemimpin harus mempunyai komitmen yang tinggi dan tanggung jawab yang besar dalam segala hal yang telah dilaksanakan. Tetapi semua itu dapat dilatih, salah satunya dengan YLT, oleh karena itu YLT hadir untuk mewujudkan hal tersebut.
Tujuan dari adanya YLT ini, untuk melatih para peserta menjadi seorang pemimpin yang kuat, baik secara fisik maupun mental, serta melatih tanggung jawab. Tentunya demi melatih kepekaan masing-masing terhadap lingkungan sekitar, dan menyiapkan generasi pemuda peraih kejayaan islam.


Pada YLT tahun ini, kami mengambil tema “TO BECOME A NEW HOPE”, disertai jargon penyemangat “READY TO BECOME A NEW HOPE”. Dan diakhiri gerakan kepalan tangan yang teracung tinggi keatas.


Kegiatan YLT ini di hadiri oleh Kepala Sekolah SMPIT Bina Amal Siti Choirum,S.Pd, Master of Training Dian Meirani Vishira, Assistant Master of Training Mochammad Afif, guru pendamping, pembina Osis dan panitia Osis.

Acara dibuka dengan dimulainya apel singkat, dengan Assistant Master of Training (AMOT)   Mochammad Afif sebagai Pembina apel.
Dalam kegiatan YLT ini, para peserta diberi materi-materi yang dapat membantu untuk menumbuhkan jatidiri seorang pemimpin. Salah satunya adalah materi PBB yang diisi langsung oleh tentara, demi melatih kekuatan fisik serta kekompakan para peserta. Tak lupa, materi Forum Group Discussion (FGD), yang tentu dapat meningkatkan cara berpikir kritis peserta.

Di samping dari hal tersebut, selama berjalannya YLT ini tidak hanya diisi materi . Namun, panitia telah menyiapkan berbagai permainan outbound yang tepatnya dilaksanakan pada hari ke-tiga YLT. Yang dimana outbound tersebut tentu putra dan putri dalam ruang lingkup yang terpisah. Salah dari permainan tersebut adalah, simulasi perang. Dari permainan tersebut dapat di ambil seribu manfaat dan moment kebersamaannya, baik peserta maupun panitia.

Sementara itu, Assistant Master of Training (AMOT) membuat sesi makan YLT menjadi semakin unik! Dengan meminta peserta memberikan suapan pertamanya, kepada teman didepannya. Tentu hal tersebut begitu membekas bagi tiap-tiap peserta. Peserta juga diberi beberapa penugasan seperti menyetorkan surat Ali- Imran ayat 110 dan surat Al-baqarah ayat 30 yang berkaitan dengan kepemimpinan. Kegiatan YLT ini ditutup dengan adanya apel penutup serta doa penutupan. Serta tidak ketinggalan untuk melakukan sesi foto bersama, sebelum menaiki bus masing-masing.

Untuk mengetahui lebih lanjutnya kunjungi instagram @osissmpitbinamal atau kunjungi youtube di bawah ini.
https://youtu.be/PP0UKiUXlvs

Penulis : Zahiya C and Team

Edit : Mochammad Afif Ibadurrachman, A. Md

Bagikan ke sosial media



Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu.